Contoh Penulisan Makalah Ekonomi 3

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Lokasi Penelitian dan Ruang Lingkup Penelitian
Lokasi penelitian bertempat pada PT. Pupuk Sriwidjaja Jl. Mayor Zen, Palembang 30118 – Indonesia. Mengingat luasnya kegiataan penyediaan tenaga kerja oleh PT. Pupuk Sriwidjaja, maka ruang lingkup penelitian ini dibatasi dalam lingkup penerapan sistem kompensasi dalam hal sistem penggajian atau insentif terhadap kinerja karyawan pada departemen penjualan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang.

3.2 Jenis dan Sumber Data
3.2.1 Jenis kuantitatif

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS, jenis penelitian ini yaitu dengan memperoleh informasi yang akurat mengenai insentif yang diberikan perusahaan kepada karyawan melalui evaluasi kinerja dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para karyawan untuk memperoleh data yang akurat. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mencari informasi faktual secara mendetail yang sedang menggejala dan mengidentifikasi masalah-masalah atau untuk mendapatkan justifikasi keadaan dan kegiatan-kegiatan yang sedang berjalan (Wahyuni dan Mulyono, 2006). Pendekatan tersebut digunakan untuk mengetahui pemberian insentif terhadap kinerja karyawan

3.2.2 Sumber Data Primer
Sumber data primer merupakan sumber data yang didapat dan diolah secara langsung dari subjek yang berhubungan langsung dengan penelitian. Data primer ini di antaranya didapat dari data hasil observasi langsung dan data hasil pengisian kuisioner oleh karyawan departemen penjualan PT. Pupuk Sriwidjaja. Berikut data frekuensi indetitas karyawan untuk pengambilan data.

3.2.3 Sumber Data Sekunder
Penggunaan data sekunder adalah sebagai penunjang yang menguatkan perolehan data hasil yang didapat dari artikel, internet, dan dokumen – dokumen yang dimiliki organisasi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian.

3.3 Teknik Pengambilan Data
Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Kuisioner, merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan kepada responden untuk dijawab. 
  • Dokumentasi, dimana penulis mendapatkan data berupa dokumen tentang sejarah perusahaan, peraturan-peraturan dan sebagainya.
3.4 Metode pengambilan data

Metode pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang akan disebarkan pada 69 responden.

3.5 Populasi dan Sampel
3.5.1 Populasi
Menurut (Sugiyono, 2007:72) Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu. Kesimpulannya, populasi bukan hanya orang tetapi benda-benda alam yang lain. Tujuan diadakan Populasi juga bukan jumlah yang ada pada objek yang dipelajari tetapi juga populasi yaitu agar dapat menentukan besarnya anggota sampel yang diambil dari anggota sampel dan membatasi berlakunya daerah generalisasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh karyawan di departemen penjualan PT. Pupuk Sriwidjaja sejumlah 225 orang.
Tabel 3.1
Data karyawan PT. Pupuk Sriwidjaja Departemen penjualan
3.5.2 Sampel
Sampel adalah sebagai atau wakil populasi yang akan diteliti ( Arikunto, 2002). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu random sampling, Random sampling adalah suatu cara pengambilan sampel yang dilakukan secara acak sederhana (Notoatmodja, 2002). Sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan di anggap memiliki populasi ( Notoatmodjo, 2005 ). Dalam menentukan jumlah sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin sebagai berikut :

N 1 + N(d²)
Keterangan :
n = besar sampel
N= besar populasi
d= ketepatan yang diinginkan ( 0,1 )

Berdasarkan rumus yang diperoleh jumlah sampel (n) untuk berapa banyak jumlah sampel dalam penelitian sebagai berikut :

69 Responden
Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 karyawan di departemen penjualan PT. Pupuk Sriwidjaja.

3.5.3 Teknik Pengambilan Sampel
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampling yaitu random sampling, Random sampling adalah suatu cara pengambilan sampel yang dilakukan secara acak sederhana (Notoatmodja, 2002). Sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan di anggap memiliki populasi ( Notoatmodjo, 2005 ).

3.6 Operasionalisasi Variabel
3.6.1 Variabel Independent


a. Definisi Konseptual

Menurut (Sugiyono, 2007:33) adalah variabel yang menjadi sebab terjadinya atau terpengaruhnya variabel dependen.

b. Definisi Operasional

Variabel dalam penelitian ini adalah insentif (X1) adalah adalah dorongan pada seseorang agar mau bekerja dengan baik dan agar lebih dapat mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi sehingga dapat menambah kemauan kerja dan motivasi seorang pegawai agar terciptanya suatu kinerja yang berkualitas sesuai dengan tujuan perusahaan.

Indikator Insentif adalah sebagai berikut:

1. Bonus
2. komisi
3. Pembagian Laba

3.6.2 Variabel Dependen

a. Definisi Konseptual
Menurut (Sugiyono, 2007:33) adalah variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel independent.

b. Variabel Operasional
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja (Y) yaitu hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawabnya. Indikator kinerja adalah sebagai berikut:

1. kualitas kerja
2. kuantitas kerja
3. pemanfaatan waktu

Tabel 3.2 Definisi Operasional Variabel

3.7 Skala Pengukuran
Untuk mendapatkan data-data yang berkaitan dengan insentif dan kinerja digunakan instrument berupa kuisioner dengan pengukuran mengunakan skala likert yang mempunya lima tingkatan yang merupakan skala jenis ordinal. Dengan menggunakan dua instrument insentif dan kinerja yang kemuidan dikembangkan menjadi beberapa pertanyaan atau parameter yang akan diukur.

Sangat Setuju (SS) = skor 5

Setuju (S) = skor 4

Netral (N) = skor 3

Tidak Setuju (TS) = skor 2

Sangat Tidak Setuju = skor 1

3.8. Instrumen Penelitian

Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuisioner, yaitu daftar pertanyaan yang diberikan pada karyawan. Kuisioner tersebut harus diuji validitas dan reabilitasnya terlebih dahulu.

1. Validitas instrumen penelitian
Uji validitas digunakan untuk menunjukan ukuran yang benar-benar mengukur apa yang hendak diukur. ( Sunyoto, 2007 : 106). Dasar pengambilan keputusan adalah :

a. Jika r hitung > r tabel, maka butir atau pertanyaan tersebut valid.
b. Jika r hitung < r tabel, maka butir atau pertanyaan tersebut tidak valid.

2. Reliabilitas Instrumen Penelitian
Uji reliabilitas dilakukan untuk mengetahui apakah alat pengukuran mempunyai kehandalan dalam mengukur. Dalam hal ini bila Reliability coefficient (alpha) nilainya > 0,60 maka variabel dan butir pertanyaan yang diukur dapat dipercaya atau diandalkan. (Sunyoto, 2007 : 107)

3.9. Teknik Analisis Data
Analisis regresi sederhana adalah persamaan regresi yang menggambarkan dan menjelaskan pengaruh satu variabel bebas terhadap variabel terikat, dimana hubungan keduanya dapat digambarkan sebagai suatu garis lurus. ( Puspowarsito, 2008 : 49-50 )

Rumus persamaan regresinya adalah : Y =a + bX + e

Keterangan :
Y : Variabel Kinerja
X : Variabel insentif

a : Konstanta
b : Koefisien regresi
c : variabel lain yang tidak diteliti

Advertisement

Lagi Naik Daun