Bab 5 Makalah Ekonomi

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
1.1. Kesimpulan

1. Cause-related marketing strategis meningkatkan loyalitas merek yang lebih tinggi daripada cause-related marketing taktis. Artinya bahwa pemasar untuk mendapatkan loyalitas merek yang paling tinggi pada produknya adalah melalui cause-related marketing strategis.

2. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama kesesuaian, durasi, jumlah investasi dan keterlibatan manajemen dalam cause-related marketing dapat menerangkan loyalitas merek sebesar 17% secara signifikan. Artinya bahwa kesesuaian, durasi, jumlah investasi dan keterlibatan manajemen hanya dapat menjelaskan loyalitas merek sebesar 17%, sedangkan sisanya dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

3. Hasil regresi berganda dengan uji per individu menunjukkan hanya jumlah investasi dan keterlibatan manajemen yang berpengaruh pada loyalitas merek, sehingga jumlah investasi dan keterlibatan manajemen dalam cause-related marketing merupakan faktor-faktor yang menentukan bagi pemasar dalam meningkatkan loyalitas merek.

4. Keterlibatan konsumen sebagai faktor pemoderasi dapat meningkatkan pengaruh cause-related marketing pada loyalitas merek. Artinya bahwa pemasar untuk meningkatkan pengaruh cause-related marketing yang lebih tinggi pada loyalitas merek dapat melibatkan konsumen.

1.2. Saran

Terdapat beberapa saran yang diusulkan dari kesimpulan yang diberikan, yaitu:

1. Jika pemasar ingin meningkatkan loyalitas merek melalui program cause-related marketing, maka pemasar dapat mempertimbangkan untuk memaksimalkan keterlibatan manajemen perusahaan dan adanya investasi yang besar. Peranan karyawan dan manajemen yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan setiap perusahaan adalah karyawan dan manajemen yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi persepsi konsumen untuk membeli produk. Investasi yang besar diperlukan pemasar dalam cause-related marketing adalah melalui iklan, dana dan sarana promosi program lainnya.

2. Pemasar untuk mendapatkan loyalitas merek yang paling tinggi dalam program cause-related marketing sebaiknya menggunakan cause-related marketing strategis. Pemasar diharapkan memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan cause-related marketing dalam jangka waktu yang lama, adanya keterlibatan manajemen yang menyeluruh dari puncak hingga bawahan, jumlah investasi yang ditanamkan dalam program besar, serta adanya kesesuaian hubungan yang tinggi antara suatu isu dengan lini produk, brand image, positioning dan target pasar.

3. Keterlibatan konsumen pada program cause-related marketing merupakan hal yang penting bagi pemasar dalam meningkatkan loyalitas merek. Pemasar dapat menggunakan program cause-related marketing sebagai kompetensi yang memberikan informasi kepada konsumen, bahwa produknya berbeda dengan produk merek lain dan memiliki aktivitas sosial berupa program cause-related marketing yang dapat bermanfaat untuk pemasar, konsumen dan penerima (cause) sosial, sehingga konsumen tertarik untuk terlibat dan dapat menyukseskan program tersebut. Lihat Juga Daftar Pustakanya....!!

Advertisement

Lagi Naik Daun